|

Yang Harus Kita Perbuat Untuk Umat

“Sesungguhnya setiap umat yang ingin membina dan membangun diri-nya, serta berjuang untuk mewujudkan cita-cita dan membela agamanya, haruslah memiliki kekuatan jiwa yang dahsyat. Kekuatan jiwa itu terekspresikan dalam beberapa hal sebagai berikut:


1. Tekad yang membaja yang tak pernah melemah (al-iradah).
2. Kesetiaan yang teguh dan tidak tersusupi oleh pengkhianatan (al-wafa`)
3. Pengorbanan yang tidak terbatasi oleh keserakahan dan kekikiran (al-tadhhiyah)
4. Pengetahuan dan keyakinan serta penghormatan yang tinggi terhadap ideologi yang diperjuangkan yang dapat menghindarkan:
a. Kesalahan
b. Penyimpangan
c. Tawar-menawar dengan yang lain
d. Tertipu oleh ideologi lain. 

Hanya di atas pilar-pilar dasar itulah —yang sepenuhnya merupakan kekhususan jiwa— dan hanya di atas kekuatan spiritual yang dahsyat ini, sebuah ideologi akan hidup, bangsa yang muda dan sedang bangkit akan terbina, dan sungai kehidupan akan menga¬lir kembali dalam jiwa mereka setelah sekian lama mengalami kekeringan.”



‎"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan 
dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu 
menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak 
mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan 
Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya 
(dirugikan)."


Hal terberat yang kau hadapi bukan keraguan, kebencian dan permusuhan orang yang tak mengenalmu. Sekeras apapun hati mereka, kekuatan Hidayah dapat menundukkan mereka kepada kebenaran da’wahmu, dengan idzin-Nya. Bila itu pun tidak, engkau tak akan dipersalahkan, karena tataranmu dakwah dan tataran-Nya hidayah.

Saudaraku .. Pemimpin adalah wajah dari para rakyatnya .. Apakah dia Siap Jadi Pelayan masyarakat ? .. Atau bahkan Siap Jadi Pelopor perubahan .. Itulah yang tentu diharapkan oleh sebagian besar penduduk NTB, sehingga seorang pemimpin harus punya sifat :
1. Setia 
Penuh loyalitas terhadap institusi yang menjadikan dia, setia kepada rakyatnya serta setia kepada keluarganya. Jangan sampai ketika menjadi gubernur .. Eh malah jadi kutu loncat alias pindah pindah partai, kemudian melakukan manipulasi, bahkan mencedarai rakyat dengan kebijakan kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat. 

2. Jujur
Berani berkata benar walupun pahit terasa. Berani mengakui kesalahan ketika itu memang salah. Dan berani berkata tidak bisa jika memang tidak bisa dia kerjakan, itulah fungsi team .. Yang siap menutupi berbagai kekurangan dari rekan yg lain.

3. Profesional
Punya gebrakan yang berbeda, bergerak secara inovatif dengan kinerja yang tepat. Sesuai dengan target yang diharapkan. Berkerja Keras sekaligus bekerja cerdas.



Alasan Berbuat Ihsan
Ada dua alasan mengapa kita berbual ihsan:

1.Adanya Monitoring Allah (Muraqabatullah)

Dalam HR Muslim dikisahkan jawaban Rasul ketika ditanya malaikat Jibril yang menyamar sebagai manusia, tentang definisi ihsan: “Mengabdilah kamu kepada Allah seakan-akan kamu melihat Dia. Jika kamu tidak melihatNya, sesungguhnya Dia meIihatmu”.

2.Adanya Kebaikan Allah (Ihsanullah)

Allah telah memberikan nikmatnya yang besar kepada semua makhlukNya (QS. 28:77 QS. 55, QS. 108: 1-3)
Dengan mengingat Muraqabatullah dan Ihsanullah

0leh
Ahmad Fadli ST
Wwakil Ketua DPD PKS Kota Mataram


Posted by PKS Kota Mataram on 02.24. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Yang Harus Kita Perbuat Untuk Umat"

Leave a reply

Berikan komentar, saran dan kritik anda yang membangun.